Berpikir

Merenung dan berpikirlah, maka jika beruntung, engkau akan mendapat inspirasi baru, imajinasi liar, dan inovasi tanpa batas. Seperti Archimedes yang keluar dari kamar mandi dengan (maaf) telanjang dan berteriak eureka! eureka! karena berhasil menemukan cara menentukan mahkota asli.

Merenung dan berpikirlah, mengikuti sabda filsuf Prancis Rene Descartes, “Cogito Ergo Sum”, aku berpikir maka aku ada, sabda yang telah menjadi tonggak madzhab rasionalisme, itu jika kau ingin menuhankan akalmu, meragukan segala hal, termasuk dirimu, dan menggunakan akalmu untuk menjadi patokan kebenaran. Tapi apa itu mungkin? Jangan-jangan yang kau anggap kebenaran itu sendiri adalah sebuah kesalahan? Atau ketika kau berpikir itu sendiri adalah sebuah kesalahan?

Atau kau ingin seperti Newton yang konon menelurkan teori gravitasinya setelah terinspirasi dari apel yang jatuh? Ah silahkan saja, toh aku hanya ingin berpikir dengan caraku, dengan metodeku, untuk menghadapi segala masalahku.

Apa? Kau sebut aku sok filosofis? Silahkan saja kawan, silahkan, apa peduliku? Aku hanya ingin menulis apa yang terlintas di benakku, titik!

Satu Tanggapan

  1. ha..
    ha..
    ha..
    “emang gua pikirin gitu loh”
    ha..
    ha..
    ha..

Tinggalkan Balasan

