Liburan Ramadhan

Ramadhan sudah hampir memasuki sepertiga fase terakhir. Anak-anak (baca siswa) sudah libur sejak hari Rabu kemarin. Guru-guru baru mulai libur tanggal 1 Oktober, maklum, gaji baru bisa diambil tanggal 30 September besok. Tapi kayaknya aku belum bisa langsung pulang, masih asyik memperdalam ilmu di laboratorium komputer. Banyak hal yang ingin aku perdalam lagi, apalagi koleksi majalah dan buku komputerku sudah cukup banyak (selama ini hanya sekilas saja disentuh). Sebagai pengajar komputer aku harus terus mengasah kemampuan, karena perkembangan pengetahuan siswa juga lumayan cepat, sehingga aku harus siap menghadapi pertanyaan-pertanyaan mereka.

Langkah pertama adalah mendesain lab agar bisa menjadi tempat praktik yang nyaman, baik dari segi posisi maupun konfigurasi jaringannya. Saat ini aku sudah menginstal CentOS 5, Mandriva 2007.1, dan rencananya akan ditambah dengan zencafe dan kuliax, semua CD/DVD itu aku dapatkan dari majalah InfoLinux. Selain itu juga akan aku install Windows 2003 server. Ditambah denganWinXP dan Win2K yang sudah terinstall di beberapa komputer, nampaknya sudah lebih dari cukup untuk belajar jaringan multiplatform.

Sebagai seorang pemula di bidang ini maka aku harus banyak mencoba hal-hal baru, walaupun karena sifatnya otodidak, banyak kendala yang aku temui tidak bisa dikonsultasikan langsung dengan seorang partner. Untungnya ada konseksi internet yang bisa membantuku mencari tutorial-tutorial yang terkait dengan permasalahan yang aku temui, atau bertanya kepada teman yang kebetulan sedang online. Saat ini sementara aku sedang konsentrasi untuk memahami bagaimana linux bekerja dan sementara baru dikoneksikan dengan WinXP. Pengalaman-pengalamanku dalam belajar mungkin akan aku tuliskan diblog ini, sebagai bahan sharing bagi para pembaca. Doakan saja.

Satu Tanggapan

  1. mas kalo belajar
    itu dari awal opo
    ms office, trus?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: