Mood Dalam Menulis

Saya sebenarnya punya keinginan untuk menulis secara rutin di blog ini. Paling tidak setiap pekan ada postingan yang muncul. Tapi keinginan itu sering dipengaruhi oleh mood. Kadang dalam jangka waktu yang cukup lama mood itu tidak muncul, sehingga selama beberapa waktu blog ini terbengkalai, tanpa ada satu pun tulisan yang muncul. Memang cukup susah untuk mendisiplinkan diri dalam menulis, perlu ada kekuatan hati agar tidak bergantung pada mood.

Saya pernah membaca sebuah tulisan yang berisi wawancara dengan Muhammad Fauzil Adzim, yang buku trilogi pernikahnnya menjadi best seller di Indonesia, dimana salah satu poin yang masih saya ingat adalah tentang keinginannya yang kuat untuk menulis walaupun mood tidak muncul. Bahkan agar tidak bergantung pada mood, beliau justru tidak akan menulis ketika mood untuk menulis sedang menguat. Mungkin perlu ditiru ya :)

Terus terang saja saya cukup heran dengan para penulis terkenal yang produktifitasnya begitu tinggi. Mungkin saja dengan latihan kedisiplinan yang cukup keras untuk membiasakan diri menulis membentuk jiwa kepenulisan dalam diri mereka. Barangkali pada akhirnya menulis sudah menjadi semacam kebutuhan pokok yang tiap hari harus terpenuhi, bukan seperti kita yang menulis hanya menjadi sambilan di kala sedang ingin menulis saja.

Trus memang ada faktor lain yang mempengaruhi juga, yaitu totalitas. Saya memiliki seorang teman yang keinginannya untuk menjadi penulis begitu menggebu-gebu, bahkan memutuskan bahwa menulis merupakan jalur hidup yang akan dia tempuh dan tekuni. Kini, banyak tulisan-tulisannya yang menghiasi beberapa media cetak nasional karena konsistensi dan totalitasnya dalam menulis.

2 Tanggapan

  1. Orang-orang sholeh berkata: “Perkataan pada masa sekarang lebih banyak dan ilmu pada masa yang lalu lebih banyak”

  2. goo…
    tulis sebelum ditulis
    mengenang mas siswanto
    pejuang dengan pena
    semoga
    semua tulisannya
    bermanfaat baginya
    kala berhadapan dengan-Nya
    hidup menulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: